Follower

Senin, 06 Juni 2011

0

Mempercepat Page Load Blogger

  • Senin, 06 Juni 2011
  • ikwan
  • Share
  • Kali ini saya ingin berbagi trik untuk mempercepat waktu page load blog Anda (yang memakai layanan blogger lho..). Pernah kan kita menjumpai blog atau website yang waktu load pagenya lama. Ditunggu lama halamannya nggak muncul-muncul, kayak keong yang jalannya lambat. Sampai bikin stress dan membuat kita enggan balik ke blog atau website itu. Coba bayangin, gimana kalau blog Anda yang bermasalah seperti itu. Konsep trik ini adalah kompresi CSS. Jadi program CSS yang ada di dalam template akan dikompres seperti jika kita mengkompress file dengan software kompresi seperti WinZip atau WinRar. Cuma untuk mengkompres (kaya demam aja dikompres) CSS kita tidak membutuhkan software tambahan.
    Kita akan menggunakan layanan dari pihak ketiga yang disebut CSS Compressor. Layanan ini ada di website CSSDrive (http://www.cssdrive.com/). Caranya mudah. Ikuti langkah berikut:


    1. Masuk ke akun blogger Anda
    2. Pilih "Tata Letak", "Edit HTML"
    3. Untuk jaga-jaga kalau nanti pas Anda edit templatenya kok malah error, ada baiknya Anda backup dulu template Anda. Klik "Download Template Lengkap"
    4. Sekarang Anda cari kode ini <b:skin>
    5. Blok semua kode yang berada ditengah-tengah <b:skin> dan </b:skin>. Copy barisan kode tersebut.
    6. Buka CSS Compressor. Paste kode tadi di kotak bertajuk "Insert CSS code". Silahkan atur

    kustomisasinya seperti gambar dibawah ini:
    7. Klik "Compress_it!"
    8. Sekarang copy kode CSS yang telah terkompres.
    9. Kembali ke kotak Template blogger Anda. Ganti kode CSS yang tadi kita blok diantara kode <b:skin> dan </b:skin> dengan kode hasil kompresi tadi.
    10. "Klik "Simpan Template", Selesai...
    Bagaimana hasil punya Anda? Apakah kode CSS pada Template Anda telah banyak terkompres? Lebih cepatkah waktu load page Anda?

    0 Responses to “Mempercepat Page Load Blogger”

    Posting Komentar

    Subscribe